Kamis, 11 Februari 2010

Jangan Pernah Mengeluh


Mengeluh bisa dikatakan adalah salah satu sikap manusia yang sangat fundamental, tidak sedikit di antara kita yang lebih sering mengeluh dari pada menerima keadaan dan berjuang untuk merubah keadaan atau setidaknya keluar dari keadaan yang tidak kita inginkan. Ironisnya kita kadang-kadang seakan-akan menyalahkan Tuhan atas keadaan atau situasi yang kita alami, mengapa? karena kadang kita berkata "mungkin ini memang sudah kehendakNya", sungguh ironis memang, kita yang seharusnya berjuang untuk merubah keadaan, terpaku dalam suatu keadaan atau persepsi tertentu. Kadang kita tidak mau atau takut untuk mencoba sesuatu yang baru, kita tidak mau mengambil resiko, Dan akhirnya kita terjebak pada suatu situasi.
Yang menjadi pertanyaan adalah, mampukah kita untuk tidak terus-menerus mengeluh dan mencoba untuk bangkit dari suatu keadaan...????
Secara pribadi saya banyak kali berhadapan dengan situasi yang seperti ini, ketika apa yang saya lakukan tidak sesusai dengan apa yang saya dapatkan, mulailah saya untuk mengeluh, mengeluh dan mengeluh..., dan terkadang mulai meragukan keberadaan Tuhan, bukankah hal ini sering kita alami juga?. Namun hal ini sebenarnya adalah hal yang tidak pantas kita lakukan, yang pantas kita lakukan adalah bekerja keras dan hasilnya akan kita lihat sendiri, tentunya semua butuh proses, bagaimana jika kita mengetahui bahwa apa yang kita lakukan akan berbuah manis pada tahun depan bukan esok hari? bagaimana jika kita mengetahui dengan berbuat sesuatu hari ini akan membawa dampak yang luar biasa pada esok hari? Tentunya kita akan memilih bekerja keras dari pada mengeluh. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, kita hanya bisa berbuat sesuatu hari ini dan melihat hasilnya nanti. Oleh karena itu cobalah kita sejak saat ini untuk berhenti mengeluh, karena pada dasarnya mengeluh tidak akan merubah keadaan.
God Bless

2 komentar:

dian^_^ mengatakan...

mengeluhlah dan lihat berapa banyak waktu & kesempatan yg terbuang..,
kuncinya"slalu mengucap syukur"
oi toch???^_^

boms mengatakan...

ta like bangets dian p kata2......................... always greatfull is da key............