Senin, 08 Februari 2010

Butuh Sedikit Keberanian

Apa yang menjadi permasalahan anak muda pada saat ini? silahkan berpikir sebentar.................................................................., hahahaha, mungkin yang ada dalam benak pembaca adalah pergaulan bebas, minuman keras, narkoba, cara berpikir yang kekanak-kanakan, mudah menyerah, tidak mau berusaha, atau apapun itu. berdasarkan fakta yang saya lihat di sekitar saya ternyata hal-hal yang telah disebutkan tadi tidak satupun berada di peringkat satu untuk menjadi masalah yang paling UPDATE oleh kaum muda saat ini. yang menjadi permasalahan utama ialah kurangnya keberanian, keberanian untuk apa? Tentunya keberanian untuk berkata tidak. kata "tidak" ini seringkali menjadi suatu kata sederhana  yang paling sulit untuk diucapkan, betapa tidak, seringkali kita malu untuk menolak suatu ajakan yang negatif oleh teman-teman kita, tentunya dengan berbagai alasan, pembaca tentunya mempunyai alasan masing-masing untuk permasalahan yang satu ini, begitu juga dengan saya...., hal yang sangat disayangkan ketika kata "tidak" ini seringkali di jumpai dalam ajakan-ajakan yang positif misalnya ajakan untuk pergi beribadah. kita seringkali berkata tidak untuk hal ini, dan lebih memilih mengiyakan ajakan teman-teman kita yang lebih bersifat negatif. mengapa hal yang sedemikian fatalnya bisa terjadi. dalam artikel singkat ini saya akan coba membahas masalah ini, tentunya dengan sudut pandang saya sendiri....
Tidak bisa saya pungkiri berkata "tidak" untuk hal-hal yang positif dan berkata "ya" untuk hal-hal yang negatif seringkali saya lakukan, namun hal ini tidak menghalangi saya untuk menulis sesuatu untuk masalah ini dan mencoba untuk berubah, atau dengan kata lain memberanikan diri untuk berkata tidak pada hal-hal negatif begitupun sebaliknya. Ada beberapa cara agar kita dapat atau setidak-tidaknya berubah dari kebiasaan yang buruk ini.
  • Cobalah jujur pada diri sendiri 
  • Beranikan diri untuk langsung berkata tidak pada hal-hal yang negatif, jangan terlalu banyak beralasan.
  • Buat komitmen dengan diri untuk melakukan hal yang postif.
 Dengan sedikit keberanian kita pasti bisa melakukan hal-hal yang ada di atas, coba kita menanamkan pola pikir bahwa apa yang kita lakukan "tentunya hal-hal di atas" semata-mata untuk kebaikan kita bukan orang lain. Dengan begini mungkin kita akan sedikit termotifasi untuk mencoba dan menghilangkan kebiasaan buruk di atas. Adapun ketika kita berhasil menerapkan poin-poin diatas perasaan kita akan sedikit legah, karena selalu berbohong pada diri sendiri, kecuali dia senang berbohong pada dirinya sendiri... hehehehehe. semoga artikel singkat yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca.....
GOD BLESS

Tidak ada komentar: